Efek Buruk Mencuci Pakai Mesin Cuci dan 6 Cara Menyiasatinya

Mencuci pakaian pakai mesin cuci makin digandrungi. Teknologi pada mesin cuci dibuat untuk memudahkan penggunanya. Namun, nyatanya sering memunculkan efek negatif di antaranya warna baju luntur ataupun pudar.

Meski sangat dibutuhkan dan membantu dalam proses mencuci pakaian, mesin cuci memiliki efek buruk yang tentu saja dapat disiasati oleh penggunanya. (Foto: IST)

Ranahrumah.com – PRODUK | Kehadiran mesin cuci sangat membantu pemilik rumah dalam menyelesaikan kegiatan cuci mencuci pakaian, apalagi dengan makin berkembangnya teknologi.

Contohnya, ada teknik merontokkan kotoran pada pakaian dengan cara “mengucek” di mana di dalam tabung cuci,  baju saling beradu satu sama lain, disempot air dengan tekanan tinggi, diputar, ataupun dibanting. Begitu pun teknik pengeringan dengan cara yang sama, yaitu pakaian diputar-putar.

Teknik ini nyatanya dapat menyebabkan serat kain patah. Gesekan antar pakaian dapat merusak permukaan kain dan menurunkan intensitas warna baju sehingga warnanya menjadi memudar. Hal ini merupakan yang paling banyak dikeluhkan terkait dengan efek buruk mencuci pakai mesin cuci.

Beberapa pengguna mesin cuci mengeluhkan memudarnya warna ini lebih banyak terjadi pada baju yang terbuat dari kain katun.

Berkurangnya intensitas warna pakaian yang menyebabkan warna baju pudar ini makin besar potensinya ketika baju dicuci dengan menggunakan air panas atau biasa dikenal saat ini dengan metode steam.

Baca Juga: Plus Minus 5 Jenis Material untuk Lemari Pakaian

Memisahkan pakaian warna gelap dan terang untuk dicuci secara terpisah akan menghindarkan warna baju gelap melunturi baju warna gterang. (Foto: IST)

Di sisi lain, tak dipungkiri, perkembangan teknologi pada mesin cuci nyatanya juga sangat membantu pengguna dan pemilik rumah. Sebut saja, metode steam atau penggunaan air panas, merupakan teknologi yang banyak dikembangkan pada mesin cuci masa kini untuk mengakomodasi kebutuhan mencuci lebih sehat dengan mematikan kuman dan bakteri di dalam pakaian. Begitu pun teknik penyemprotan dengan air bertekanan tinggi saat proses mencuci, akan mempercepat dan memudahkan rontoknya kotoran pada baju.

Untuk itu, perlu ada siasat untuk mencuci pakai mesin cuci namun efek buruknya bisa diminimalisasi. Berikut 6 cara atau trik mencuci pakai mesin cuci.

1. Pisahkan pakaian warna gelap dan terang

Tips mencuci pakaian dengan cara ini untuk membantu mempertahankan warna gelap pada pakaian dan mencegah wama tersebut melunturi pakaian lain. Cuci pakaian-pakaian berwarna gelap terpisah dengan pakaian warna putih ataupun terang. Warna gelap akan lebih terjaga jika dicui dengan menggunakan air dingin (15 – 25° C).

Baca Juga: 7 Prediksi Tren Konsumsi di Tengah Ancaman Resesi 2023

Baca Juga: Sharp Lovers Day-Eco Vaganza, Beri Potongan Harga hingga Hadiah Produk dan Wisata