Atasi Pipa Bocor Penyebab Dinding Lembap, Cara Temukan Titiknya!

Ilustrasi perpipaan pipa saluran distribusi air. Perlu dicek saat ada pipa bocor. (IST)

Pipa bocor pada dinding akan mudah dideteksi dan diatasi jika ada gambar saluran distribusi air (bersih maupun kotor). Jika tak ada, cek langkah ini!

Ranahrumah.com- INSPIRASI | Permasalahan apapun bisa datang kapan saja di rumah, salah satunya kebocoran pipa saluran air.

Menjadi sangat merepotkan ketika ada pipa bocor dan konsep pembangunan rumah menerapkan sistem saluran air yang “ditanam” di dalam dinding. Padahal berbagai permasalahan lain bisa ditimbulkan oleh pipa bocor ini. Di antaranya adalah pemborosan air karena terbuangnya sia-sia, dinding lembap oleh aliran air, dan munculnya jamur dan lumut yang mengganggu tampilan atau estetika dinding.

Akibat lebih parahnya, dinding lembap karena pipa saluran air bocor ini bisa membuat kondisi keseluruhan rumah lembap dan tidak sehat. Dinding menjadi salah satu bagian konstruksi rumah yang paling mendominasi. Di dalam dinding ditanam sistem perpipaan yang berfungsi menyalurkan air bersih dan membuang air kotor ke saluran pembuangan.

Sistem perpipaan yang tepat umumnya memiliki sambungan yang rapat dan kuat untuk mencegah pipa bocor.  Nah, bila sambungannya kendur, maka akan terjadi kebocoran di dalam dinding. Kebocoran inilah yang membuat hunian kamu menjadi lembap.

Untuk memudahkan pengecekan dan perbaikan pipa bocor di dinding ini, semestinya kamu memiliki gambar saluran distribusi air bersih maupun air kotor, yang biasanya dibuat oleh arsitek pada saat membangun hunian. Namun sayangnya, kamu dan pemilik rumah pada umumnya sering melupakan untuk memintanya kepada arsitek atau tukang yang membangun rumah dan alpa menyimpannya.

Baca Juga: Void dan Skylight Solusi Rumah Sempit jadi Terasa Lapang

Baca Juga: Menata Kamar Mandi Mungil dengan Storage Simpel